“Gua gak mau rugi, makanya gua gak jadi investor.”

“Gua juga gak mau rugi, makanya gua jadi investor.”

Ketika melihat ada antrian nasi bungkus gratis, kita mungkin berpikir, gua gak mau rugi ah, lalu ikut antri. Padahal kalau kita tidak ikut antri, apakah kita sesungguhnya beneran rugi? Jawabannya bisa dua, ya dan tidak. Ya, kalau kita melihat ada peluang (nasi bungkus gratis) yang mestinya bisa diraih, di depan mata, dan kita lewatkan begitu saja. Tidak, kalau kita mengartikan rugi sebagai hilangnya atau berkurangnya kepemilikan yang ada di kita. Lha, gak dapat nasi bungkus gratis kan gak mengurangi apapun di diri kita.

(Ngomong-ngomong, mungkin cara berpikir para koruptor begitu juga kali ya? Cara berpikir pertama di atas. Rugi kalau tidak korupsi, ada peluang di depan mata gitu. Padahal “nasi bungkus”nya gak gratis lho, Bapak Ibu. Huh!)

Ketika ada pertanyaan, kenapa tidak juga berinvestasi sampai saat ini?, seorang teman menjawab, gua gak mau rugi. Pasti yang dimaksud adalah yang kedua, tidak mau hartanya berkurang. Bukan cara pikir yang pertama. Tapi, tunggu. Bukankah sesungguhnya dia juga rugi yang pertama? Kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan, “nasi bungkus gratis” kita? Tidak mau rugi yang kedua, tetapi sebenarnya rugi yang pertama. Gua gak mau rugi padahal gua rugi. Gua rugi gara-gara gua gak mau rugi. Argh, njlimet.

Happy weekend!

NH

Posted by:Nicky Hogan

Nicky menjalani hidup limapuluh tahun, gemar berlari empatpuluh tahun, merambah alam tigapuluh tahun, bekerja di pasar modal duapuluh tahun, suka menulis sepuluh tahun. Dan inilah tulisannya.

4 replies on “GUA GAK MAU RUGI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.