“Untuk yang mau masuk ke dunia investasi (saham), ingat prinsip utamanya, uang yang dipakai adalah uang yang anda sanggup ikhlaskan seandainya hilang semua.”

Pernah membaca tulisan sejenis? Atau mendengar omongan senada?

Lalu, apa menariknya dunia investasi kalau belum apaapa sudah diwantiwanti harus sanggup seandainya kehilangan uang? Dan, lebih sakitnya, diminta ikhlaskan pula?

(Atau yang model begini, “Siap-siap saja bayar uang sekolah di awal-awalnya.” Seolah kita bakal rebutan uang sekolah dengan anak-anak kita.)

Kehilangan semua uang? Memangnya kita sedang bertaruh? Sejenis judi gitu? (Tuh kan, kamukamu juga sih yang kontribusi ngasih stigma salah.) Mengerti kok kalau konon di dalam kata investasi (saham) selalu ada juga yang namanya risiko, tapi, catat ya, risiko sebagai pemilik perusahaan (ulang: pemilik perusahaan), mengerti’kan? Sila ngobrol sama pemilik kedai pecel lele di kantin, mungkin jawabannya sedikit membantu. Jadi, soal risiko kehilangan semua uang? Coba evaluasi, mungkin kita salah jurusan, dan salah pencernaan (baca: mencerna).

Terkadang ketika kita menulis atau bicara, kita sering abai dengan keterbatasan dan kedangkalan pengetahuan kita, tapi nekad nyablak. Terkadang yang kita pikirkan hanyalah betapa kerennya kalimat-kalimat kita, bertajinya kepala kita, sambil berharap efek-waow dari pembaca dan pendengar.

Kalau ada nasihat bijak, “jangan pernah sekalikali percaya omongan orang yang tidak kita mengerti”, di sisi lain jadi perlu ditambahkan, “jangan pernah nulis dan ngomong sesuatu yang tidak kita mengerti”.

Kita harus cukup bodoh untuk menjadi pintar, dan cukup pintar untuk menjadi bijak.

Salam investasi.

NH

Posted by:Nicky Hogan

Nicky menjalani hidup limapuluh tahun, gemar berlari empatpuluh tahun, merambah alam tigapuluh tahun, bekerja di pasar modal duapuluh tahun, suka menulis sepuluh tahun. Dan inilah tulisannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.