Berita anyar (kutipan Grid.ID): “… Hutang Rp17 miliar tersebut diakui oleh (nama Sang Artis) lantaran dirinya salah langkah dalam mengelola saham, Forex.” Namun ada juga berita lainnya, tanpa menyebut kata “saham”. Entah benar mana.

Mungkinkah saham bisa berakibat parah? Gitu?

1. Ya, kalau beli saham senilai Rp17 miliar dan perusahaannya bangkrut. Selesai. Jadi gimana? Jangan beli saham yang perusahaannya bakalan bangkrut dong. Argh, kan gak tau?! Ya, kita gak tahu perusahaan mana yang bakalan bangkrut, tapi kita tahu perusahaan mana yang gak bakalan bangkrut. Kan?

2. Ya, kalau beli saham senilai Rp20 miliar, harganya turun hingga tersisa Rp3 miliar (atau berapa berapapun yang menyebabkan selisihnya rugi Rp17 miliar). Argh, kan kalau sudah dijual, kalau disimpan kan belum rugi. Jiah, menghibur diri, rugi is rugi, Bro. Jadi gimana dong? Jadi jadilah investor perusahaan-perusahaan bagus. Memang gak bisa turun? Bisa banget. Percayalah, perusahaan-perusahaan yang bagus kinerjanya (yang laporan keuangannya bagus dari waktu ke waktu – kalau gak suka angka, mbok jangan gak suka baca juga, bisa cilaka) mungkin saja turun satu waktu atau dua tiga waktu, tetapi akan ada saatnya pasar saham rasional. Selalu. Pasar selalu fair, Nak, hidup pun.

3. Ya, kalau punya uang Rp17 miliar, tetapi belanja sahamnya Rp34 miliar. Lha, ngutangan? Ya, pembiayaan atau istilahnya, margin. Kalau saham kita turun Rp10 miliar, wajib hukumnya harus nambah uang (istilah kerennya: top up). Ndak punya uang lagi? Ya tuh saham dijual paksa (istilah kejamnya: force sell). Pan baru rugi Rp10 miliar? Sepuluh miliar tuh gede, Tong. (Sana terusin srimulatnya sampai paspasin Rp17 miliar!) Njlimet gitu sih? Makanya #stopbeingnjlimet.

Sayupsayup suara emas Broery terdengar:

Sampai kapankah kau harus begini

Mungkinkah kau ingin terus begini

Mengapa oh mengapa

Aku tak percaya

NH

Posted by:Nicky Hogan

Nicky menjalani hidup limapuluh tahun, gemar berlari empatpuluh tahun, merambah alam tigapuluh tahun, bekerja di pasar modal duapuluh tahun, suka menulis sepuluh tahun. Dan inilah tulisannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.