Kecepatan adalah kekuatan, namun ketergesa-gesaan adalah kesia-siaan.

Seorang bayi yang dapat berdiri langsung tanpa melalui tahapan merangkak, bukanlah suatu hal yang baik dan membanggakan dalam fase tumbuh kembangnya. Karena justru membuat perkembangannya tidak lancar dan mengakibatkan beberapa kerugian di kemudian hari. Seperti, anak jadi susah konsentrasi, kurang fokus, tulisan tangannya jelek, gampang jatuh, konvergensi mata kurang bagus, serta koordinasi mata dan tangannya kurang bagus. (Wah!) Demikian menurut pakar anak.

Tidak ada yang salah dengan memacu kendaraan secara cepat. Namun mengemudikan kendaraan, khususnya para pengendara sepeda motor, sembari melanggar semua rambu lalu lintas yang ada, adalah pembodohan diri. Tanpa helm, melawan arah, membonceng berlebihan, menerobos lampu merah, naik ke atas trotoar. Anda “menang” dalam ketergesaan anda, tetapi anda “kalah banyak” dalam mengendalikan diri sendiri, sia-sia. Benih negatif yang tertanam jauh ke dalam, yang akan anda tuai suatu saat nanti.

Katanya, seorang pelari pemula yang baru ikut race 5K dan 10K tidak dianjurkan langsung berlari full marathon. Perlu tahapan 21K beberapa kali sebelumnya. Selalu ngilu mendengar mereka yang “melompat” ke 42K dalam ketergesa-gesaan. Sama seperti bayi kita, akan ada kerugian di kemudian hari, karena otot-otot yang belum siap dan kuat untuk berlari jarak jauh dan lama. Demi glory? Glory without enjoyment? What so glory ‘bout marathon anyway? (Izin, Rose.)

Kita ingin cepat kaya, atau tepatnya tergesa-gesa kaya. Kadang dengan berbagai cara. Korupsi tak usah kita bahas, kita tahu semua. Cara cepat kaya yang lain adalah berjudi, lupakan. Dan yang kini banyak digemari dan dilakukan, spekulasi. (spec·u·late /ˈspekyəˌlāt/ synonyms: gamble on, take a risk on). Sama saja toh. Begitu banyak tawaran, menggiurkan, dan terutama instan. Masih ingat ini? Kita sedang berspekulasi saat kita menyangka bahwa kita sedang berinvestasi.

Ketika kita tidak pernah menipu diri kita sendiri, kita juga tidak akan pernah ditipu oleh orang lain.

NH

Posted by:Nicky Hogan

Nicky menjalani hidup limapuluh tahun, gemar berlari empatpuluh tahun, merambah alam tigapuluh tahun, bekerja di pasar modal duapuluh tahun, suka menulis sepuluh tahun. Dan inilah tulisannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.